Home / Film / 4 Film Thriller yang Dilarang Tayang di Indonesia Karena Terlalu Sadis

4 Film Thriller yang Dilarang Tayang di Indonesia Karena Terlalu Sadis

Film thriller yang dilarang tayang di Indonesia – Banyak yang tidak bisa membedakan mana film horor sama film thriller. Memang dalam industri film kedua genre ini dijadikan menjadi satu namun ada perbedaan yang mendasar dari kedua jenis genre ini. Untuk horor ini temanya tentang dunia supranatural atau monster yang menjadi legenda di suatu tempat.

Tujuan dari film ini adalah untuk membuat penontonnya ketakutan, sedangkan untuk film thriller tujuannya membuat penonton menjadi tegang karena temanya adalah misteri, mata-mata, dan juga teori konspirasi. Selain itu juga ada pertarungan antara protagonist dan antagonist dimana peran antagonist ini jauh lebih kuat atau pintar dibandingkan dengan protagonist. Dalam perkembangannya ada beberapa film thriller yang tidak boleh tayang di Indonesia karena dianggap terlalu sadis. Takutnya berakibat buruk bagi yang menontonnya dimana terinspirasi untuk melakukan tindak kejahatan seperti apa yang dilihatnya dari film. Simak beberapa film thriller yang dilarang tayang di Indonesia berikut ini:

Cannibal Holocaust

Cannibal Holocaust
Cannibal Holocaust

Film pertama yang dilarang tayang di Indonesia adalah Cannibal Holocaust. Penyebab dilarang tayang di Indonesia dikarenakan adegan kekerasan yang terlalu sadis terlebih lagi terhadap hewan dan juga manusia. Film garapan Ruggero Deodato ini begitu kontroversi berkaitan dengan tuduhan sekelompok masyarakat yang ada di Italia bahwa Cannibal Holocaust ini snuff film artinya pemain yang ada di dalamnya benar-benar mati dan sesuai dengan jalan cerita. Akhirnya sang sutradara pun di ringkus oleh polisi.

Senyap

film Senyap

Film selanjutnya yang tidak boleh tayang di Indonesia adalah senyap. Senya sendiri merupakan film dokumenter karya sutradara dengan kebangsaan Amerika Serikat bernama Joshua Oppenheimer dimana temanya pembantaian massal 1965. Senyap menyoroti kisah Adi yang mana menjadi penyintas dan keluarga korban yang menghadapi kenyataan ketika dirinya dan keluarganya dituduh sebagai bagian dari PKI.

Film ini menyorot dari sisi pelaku pembantaian dimana Adi mencari siapa dulu yang menjadi pembunuh kakaknya, dia mendatangi algojo-algojo dan menanyai satu per satu algojo-algojo tersebut dan membuka identitasnya di akhir percakapan. Komunisme sendiri adalah pemantik keributan terbaik yang ada di Indonesia, selain agama. Oleh sebab itu untuk menghindari tumbuhnya paham komunisme, aparat negara melarang film ini ditayangkan dimana pun.

Jagal

Jagal
Jagal

Film ini diproduksi oleh Oppenheimer di Indonesia sebelum Senyap yang mana menceritakan tragedi G30 S/PKI dengan melakukan wawancara dengan mantan preman yang saat itu sebagai jagal terduga PKI dan juga antek-anteknya. PKI sendiri adalah hal yang tabu untuk dibicarakan oleh sebab itu film ini tidak boleh tayang. Bahkan sampai saat ini Oppenheimer tidal diizinkan untuk membuat film di Indonesia.

Evil Dead

Film thriller yang dilarang tayang di Indonesia karena adegannya yang terlalu sadis adalah Evil Dead.  Film ini menceritakan seorang wanita yang menjadi pecandu narkoba yang kemudian akan direhabilitasi oleh kakak dan ketiga temannya. Mereka tinggal di kabin tua tengah hutan peninggalan ibunya.

Di kabin tersebut mereka menemukan buku orang mati yang di dalamnya berisi mantra-mantra untuk memanggil setan di dalam hutan. Satu diantara mereka tanpa sengaja membaca mantra tersebut hingga mengalami kematian tragis. Kengerian yang ditawarkan oleh film ini adalah saat para korban berusaha menyelamatkan diri dari ancaman setan tersebut dimana harus memutilasi organ tubuhnya sendiri mulai dari tangan, mata, kaki, dan lain sebagainya.

evil dead
evil dead

Demikianlah beberapa film yang dilarang tayang di bioskop Indonesia karena kesadisan dan kengerian yang di luar batas normal. Beberapa film thriller yang dilarang tayang di Indonesia tersebut bisa Anda tonton di internet namun sebelum menontonnya pastikan jika nyali maupun mental Anda sudah matang sehingga tidak berdampak buruk setelah Anda menontonnya.

About joko21

Check Also

film cleopatra 1963

5 Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia

Film dengan biaya produksi termahal di dunia – Persaingan dalam industri film semakin ketat sehingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *