Home / Hewan / 6 Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit Ringan dan Parah

6 Ciri-Ciri Kucing yang Sedang Sakit Ringan dan Parah

Ciri-ciri kucing yang sedang sakit – Kucing yang sakit harus segera mendapatkan perawatan atau pertolongan hal itu dikarenakan berisiko mengalami kematian. Ada beberapa jenis kucing dimana saat sakit terlihat seperti sehat, sehingga sering sekali penanganan terlambat diberikan dimana penyakitnya sudah parah. Supaya tidak terlambat mengatasi atau memberikan perawatan, simak ciri-ciri kucing yang sedang sakit berikut ini:

Badan Demam atau Panas

badan kucing demam
badan kucing demam

Kucing yang kondisinya sedang sakit ciri pertama yang mudah diketahui adalah badannya demam atau panas. Demam atau panas ini bukanlah suatu penyakit namun tanda dari suatu penyakit. Kucing akan dinyatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari batas normal, sehingga Anda jangan hanya mengecek dengan telapak tangan saja namun harus menggunakan termometer. Anda bisa memberikan penurun panas kepada kucing, namun jika demamnya tidak kunjung reda segera bawa ke dokter hewan. Demam berkelanjutan menjadi indikasi bahwa kucing terkena infeksi bakteri maupun terkena virus sehingga pemeriksaan lanjutan sangat diperlukan.

Diare atau Mencret

Ciri-ciri kucing yang sedang sakit selanjutnya adalah mengalami diare atau mencret. Gangguan pada sistem pencernaanlah yang menyebabkan kucing ini mengalami diare atau mencret. Sedangkan penyebab terjadinya gangguan pencernaan tersebut beragam. Infeksi bakteri dan  virus diduga menjadi penyebab utama kucing mengalami diare.

Kucing diare
Kucing diare

Tidak hanya itu saja namun diare juga bisa disebabkan oleh makanan. Makanan yang kondisinya sudah tidak layak namun tetap dikonsumsi akan menyebabkan kucing menjadi sakit perut dan mengalami gangguan cerna. Agar kondisi kucing tidak semakin parah penting untuk segera membawanya ke dokter hewan jika dirasa diare atau mencret tidak kunjung membaik. Terlambat dalam penanganan akan menyebabkan kucing menjadi dehidrasi sehingga darah menjadi kental dimana hal tersebut sangat berbahaya bagi pembuluh darah kucing tersebut.

Tidak Nafsu Makan

Kucing yang sedang sakit biasanya juga tidak nafsu makan. Penyebabnya pun beraneka macam seperti demam, infeksi, dan lain sebagainya. Selain itu rasa tidak nyaman di saluran pencernaan ini juga yang menyebabkan nafsu makan kucing menjadi menurun. Untuk membuat kucing menjadi nafsu makan lagi Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Malas Gerak atau Hiperaktif

Kucing malas bergerak
Kucing malas bergerak

Ciri selanjutnya adalah kucing malas gerak atau bahkan hiperaktif. Kucing yang sedang merasakan tidak nyaman pada tubuhnya akan lebih suka tidur dan malas gerak, sedangkan pada kucing tertentu seperti kucing persia justru menjadi lebih aktif dibandingkan sebelumnya. Oleh sebab itu untuk bisa memastikan apakah kucing sedang sehat atau tidak Anda harus paham dengan karakteristik kucing setiap harinya.

Mulut Berbau

Kucing yang kondisi badannya sedang tidak normal akan membuat mulutnya berbau. Kondisi lidah dan mulut yang kering akan menyebabkan napas kucing berbau. Selain itu juga bisa disebabkan oleh infeksi atau gangguan yang ada pada saluran pencernaan.

Muntah

Kucing muntah
Kucing muntah

Kucing yang muntah bisa disebabkan oleh penyakit ringan namun juga bisa disebabkan oleh penyakit serius. Penyebab ringannya bisa disebabkan oleh salah makan, sedangkan penyebab seriusnya adalah kucing mengalami masalah pada pencernaan atau pun infeksi.

Jika hanya salah makan, gejala muntah akan membaik 1 sampai 2 hari ke depan, namun jika disebabkan oleh infeksi kucing harus segera mendapatkan perawatan dan penanganan kucing yang tepat. Hal itu dikarenakan selama bakteri dan virus penyebab infeksi tersebut tidak diatasi gejala muntah tidak akan kunjung membaik.

Selain Anda mengetahui ciri-ciri kucing yang sedang sakit, sebaiknya Anda juga tahu bagaimana memberikan pertolongan pertama pada kucing yang sakit tersebut supaya kondisinya tidak semakin memburuk.

About joko21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *