Home / Kesehatan / 5 Penyebab Mimisan dan Cara Mengobatinya

5 Penyebab Mimisan dan Cara Mengobatinya

Penyebab mimisan – Orang dikatakan terkena mimisan jika ada darah segar yang keluar dari salah satu atau kedua hidungnya. Dalam istilah kedokteran mimisan disebut dengan epistaksis. Asal dari mimisan beragam bisa dari bagian depan hidung dan juga bagian belakang hidung. Untuk penyebabnya sendiri ada berbagai macam tergantung dengan asalnya. Jika asalnya dari anterior atau bagian depan hidung biasanya bukan hal yang serius dan perawatan rumahan bisa mengatasinya, namun yang berbahaya adalah jika asal mimisan itu adalah posterior yang mana darah akan bisa mengalir ke rongga mulut dan tenggorokan, dimana perawatan dan penanganannya jauh lebih rumit. Berikut ini adalah beberapa penyebab mimisan yang bisa terjadi pada anak:

Mengorek Lubang Hidung

Lubang Hidung
Lubang Hidung

Anak atau balita memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga dia akan mengeksplorasi apa yang ada di sekitarnya bahkan dengan cara yang ekstrem sekalipun. Salah satunya adalah mengorek lubang hidung terlalu sering dan juga memasukkan benda tumpul ke dalam hidung. Jika hal tersebut dilakukan anak akan terkena mimisan. Sebagai orang tua sebaiknya awasi dan nasihati anak untuk tidak melakukan eksplorasi pada hidung dan organ lainnya karena berakibat fatal.

Terbentur

Pembuluh darah yang ada di area hidung anak masih lemah, sehingga masih rawan untuk mengeluarkan darah jika terjadi benturan atau pukulan yang keras. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak saja, namun juga orang dewasa. Ketika anak atau seseorang terbentur benda keras akan menyebabkan pembuluh darah di hidungnya menjadi pecah, sehingga mimisan atau darah tersebut akan keluar dari hidung. Jika anak sering terbentur sebagai orang tua harus selalu mengawasi tingkah dan polah anak supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Udara yang Kering

mimisan
mimisan

Saat cuaca sedang ekstrem anak rentan terkena mimisan, hal tersebut dikarenakan sistem imun yang masih rendah. Udara yang kering akan menyebabkan hidung anak menjadi kering bahkan bisa memicu infeksi virus maupun bakteri di dalam hidung anak sehingga mimisan muncul.

Kelelahan

Anak yang kelelahan juga bisa terkena mimisan, hal itu dikarenakan pembuluh darah yang relatif lemah. Saat anak kelelahan pembuluh darah yang ada di hidung menjadi tegang kemudian pecah, sehingga mimisan bisa terjadi.

Leukemia

Leukemia
Leukemia

Penyebab mimisan yang perlu diwaspadai adalah leukemia Memang penyakit ini tidak bisa terlihat secara kasat mata, namun harus membutuhkan diagnosis dan pemeriksaan lanjutan. Saat menderita leukemia, jumlah sel darah putih sangat tinggi dan jumlah sel darah merah sangat rendah. Penderita leukemia harus segera mendapatkan transfusi darah supaya hemoglobin dan sel darah merahnya tetap stabil. Orang tua harus waspada jika anak sering mimisan disertai dengan gejala lainnya seperti sering kelelahan dan terasa lemas, sesak napas, memar yang tiba-tiba namun tidak mudah menghilang, dan lain sebagainya.

Mengobati Mimisan

Cara mengobati mimisan penting diketahui, tujuannya supaya gejala mimisan tidak bertambah parah. Saat mimisan terjadi jangan panik dan tetap tenang sambil lakukan beberapa penanganan berikut ini:

  1. Pencet cuping hidung

Penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memencet cuping hidung selama 10 menit dengan menggunakan ibu jari dan juga telunjuk. Tindakan ini bertujuan supaya darah berhenti mengalir. Saat area cuping hidung ditekan lakukan pernafasan melalui mulut terlebih dahulu.

  1. Kompres dingin

Pengobatan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengompres menggunakan es batu dingin. Kompresan dingin bisa berfungsi untuk pembekuan darah sehingga darah tidak kembali mengalir. Caranya adalah dengan membungkus beberapa balok es batu dengan kain lembut kemudian tempelkan ke hidung supaya mimisan berhenti.

  1. Daun sirih

Jika penyebabnya adalah infeksi penanganan bisa menggunakan daun sirih. Caranya dengan gulung daun sirih tersebut hingga berbentuk seperti pipa, masukkan ke dalam hidung yang terkena mimisan.

Demikianlah beberapa penyebab mimisan dan cara mengobatinya yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

About joko21

Check Also

minum air putih

3 Tips Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Paling Berhasil

Tips menurunkan berat badan dalam seminggu – Saat seseorang memiliki berat badan yang berlebih akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *